belajar untuk meraih miimpi...

wen assallamualaikum..

Rabu, 19 Oktober 2016

KEMAMPUAN DALAM LATIHAN

1.      KLASIFIKASI KEMAMPUAN
Banyak cara yang dijadikan acuan sebagai metode dalam mengklasifikasi kemampuan aktivitas fisik. disamping metoda pengklasifikasian olahraga secara tradisional yang dibagi menjadi dua macam, pertama adalah olahraga individual seperti contohnya olahraga lintasan dan lapangan, atletik, tinju. Yang ke dua adalah olahraga secara team misalnya sepak bola, volley, basket. Ada juga pengklasifikasian secara luas yang menjadikan kemampuan biomotor sebagai acuannya, yaitu Kemampuan biomotor yang mencakup kekuatan, kecepatan, ketahanan, dan koordinasi. berdasarkan metoda pengkasifikasian ini olahraga dibagi menjadi tiga jenis yaitu cyclic, acyclic, dan acyclic combined skill.
yang dimaksud dengan cyclic skill adalah jenis olahraga yang berhubungan dengan putaran dan terjadi pengulangan gerakan atau kegiatan. Contoh misalnya lari, sepeda, renang, dan lain lain. Yang menjadi inti dari jenis olahraga ini adalah kemampuan motorik dipadupadankan dengan gerakan yang berulang - ulang. Jadi ketika seorang atlet menguasai suatu pola kegiatan motorik maka dia bisa melakukannya berualang kali dengan konstan dalam jangka waktu yang lama.
Yang berikutnya adalah acyclic skill, ini adalah  jenis kemampuan olahraga yang mengutamakan sebuah kemampuan teknik secara utuh dalam satu kesatuan gerakan. Misalnya lempar lembing, lempar cakram, tinju dan anggar. Kita ambil contoh lempar cakram, diawali mulai persiapan mengayun, lalu melakukan putaran, melempar, hingga posisi langkah akhir, maka itu dikategorikan sebagai satu kesatuan gerakan.
Dan yang terakhir adalah acyclic combined skill, disebut kombinasi karena ada gerakan yang berkesinambungan antara cyclic lalu dilanjutkan dengan acyclic misalnya lari gawang. Dalam olahraga tersebut terdapat dua pokok gerakan yaitu lari dan lompat, walaupun kedua gerakan tersebut berkaitan tapi kita bisa membedakan antara lari dan lompatnya dimana gerakan lari merupakan cyclic skill dan gerakan melompat adalah acyclic skill.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar