KONTRAK KULIAH
Nama Mata Kuliah : Perilaku Keorganisasian
Kode Mata Kuliah :
Jurusan : Manajemen
Semester/T.A : Ganjil/2009/2010
Atribut Soft Skill :
Tempat Pertemuan : Ruang Kuliah FE UNIMED
Nama Dosen : Aprinawati,SE.MM
Telp/Hp : (061) 76488815 /081375399992
- Tujuan/Manfaat Mata Kuliah
Mata kuliah ini mengkaji tentang interaksi manusia di dalam organisasi yang meliputi suatu studi tentang perilaku, struktur dan proses dalam organisasi. Dengan mempelajari mata kuliah ini mahasiswa dapat memotivasi dirinya dan orang lain untuk bekerja sama secara produktif dalam tim, mengadakan hubungan yang manusiawi, mengenal perilaku manusia ditempat kerja dan pengaruhnya terhadap orang-orang ditempat kerja.
- Deskripsi Perkuliahan
Mata kuliah ini membahas tentang perilaku individu dalam organisasi, perilaku kelompok dalam organisasi serta membahas mengenai struktur organisasi dan pengembangannya.
- Kompetensi Dasar
Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu :1) menjelaskan mengenai perilaku individu dalam organisasi, 2)menjelaskan tentang perilaku kelompok dalam organisasi, 3) menautkan konsep tim dan kelompok kearah penciptaan tim yang berkinerja tinggi, 4) mendeskripsikan mengenai kekuasaan dan politik, 5) menjelaskan tentang pengorganisasian konflik, 6) menjelaskan tentang kepemimpinan, 7) menjelaskan mengenai komitmen organisasional, 8) menjelaskan tentang struktur organisasi, desain organisasi dan desain pekerjaan.
- Hubungan Fungsional Materi Kajian
Langkah-langkah perkuliahan berdasarkan pertemuan sebagai berikut :
PERTEMUAN 1 |
KOMPETENSI Menguasai tujuan dan kompetensi yang diharapkan pada perkuliahan Perilaku Keorganisasian. Mengetahui informasi mengenai materi perkuliahan, tugas, teknik pembelajaran, system penilaian dan sumber pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini. ATRIBUT SOFT SKILL Komunikasi lisan, mengemukakan pendapat, kemampuan analisis MATERI Penyampaian matari perkuliahan, kesepakatan kontrak kuliah, norma akademik, aktivitas belajar, dan pemberian tugas. AKTIVITAS Penyampaian informasi oleh dosen, diskusi tentang kontrak perkuliahan OUTPUT Kontrak yang telah disepakati bersama dengan mahasiswa SUMBER BELAJAR Buku 1. Stephen P. Robbins, Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi, Edisi Kelima, Penerbit Erlangga, 2. Dr. Sopiah,MM,Mpd, Perilaku Organisasional, Penerbit Andi, 3. Miftah Toha, Perilaku Organisasi Konsep dasar dan Aplikasinya, Penerbit PT. Raja Grafinso Persada, 4. Gary Desler, Organizational Theory Integrating Structure and Behavioral, Second Edition, Prentice Hall, 2003 B.Website Beberapa artikel atau jurnal penelitian yang berhubungan dengan materi perkuliahan. DAMPAK Mahasiswa akan terampil mempersiapkan diri dalam mengikuti perkuliahan dan pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar. ASSESMENT Rekam Jejak Aktivitas |
PERTEMUAN 2 |
KOMPETENSI Mahasiswa kompeten menjelaskan pengertian, dan unsur-unsur organisasi. ATRIBUT SOFT SKILL Kerjasama, Komunikasi, Kebersamaan, Toleransi dan kemampuan analisis MATERI Pengertian perilaku keorganisasian, tujuan memperlajari perilaku keorganisasian, tingkatan analisis dalam perilaku organisasi. AKTIVITAS Presentasi Mahasiswa, Diskusi Kelas OUTPUT Laporan Hasil Diskusi Mahasiswa SUMBER BELAJAR
DAMPAK Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian perilaku organisasi, tujuaan mempelajari perilaku organisasi dan tingkatan analisis dalam perilaku organisasi. ASSESMENT
|
PERTEMUAN 3 |
KOMPETENSI Mahasiswa kompeten menjelaskan mengenai perilaku individu dalam organisasi. ATRIBUT SOFT SKILL Kerjasama, Komunikasi, Kepemimpinan, Kebersamaan, Toleransi dan kemampuan analisis MATERI Pengertian perilaku individu, jenis-jenis teori belajar, kinerja individu, langkah modifikasi perilaku. AKTIVITAS Presentasi mahasiswa, diskusi kelas OUTPUT Laporan diskusi kelompok mahasiswa SUMBER BELAJAR
DAMPAK Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian perilaku individu, jenis-jenis teori belajar, menganalisis kinerja individu dan menganalisis langkah modifikasi perilaku. ASSESMENT
|
PERTEMUAN 4 |
KOMPETENSI Mahasiswa kompeten menjelaskan mengenai Teori motivasi, Perilaku kelompok dalam organisasi. ATRIBUT SOFT SKILL Kerjasama, Komunikasi, Kebersamaan, Toleransi, saling menghargai dan kemampuan analisis MATERI Teori motivasi awal, teori kontemporer, pengertian dan jenis kelompok, alas an terbentuk kelompok, tahap-tahap pengembangan kelompok. AKTIVITAS Presentasi Kelompok mahasiswa dan diskuri kelas OUTPUT Laporan diskusi kelompok SUMBER BELAJAR
DAMPAK Mahasiswa terampil menganalisa mengenai perilaku kelompok ASSESMENT
|
PERTEMUAN 5 |
TES FORMATIF 1 |
PERTEMUAN 6 |
KOMPETENSI Mahasiswa mampu menjelaskan lebih lanjut tentang perilaku kelompok dalam organisasi. ATRIBUT SOFT SKILL Kerjasama, Komunikasi, Kebersamaan, Toleransi, Saling menghargai dan kemampuan analisis MATERI Faktor-faktor yang menentukan prestasi kelompok, faktor-faktor yang dapat meningkatkan dan menurunkan kohesivitas kelompok, Isu kontemporer dalam tim, Menautkan konsep tim dan kelompok kearah penciptaan tim berkinerja tinggi. AKTIVITAS Presentasi kelompok mahasiswa, Diskusi kelas, penyampaian kesimpulan oleh dosen OUTPUT Laporan Hasil Diskusi Mahasiswa SUMBER BELAJAR
DAMPAK Mahasiswa mampu membedakan faktor-faktor yang menentukan prestasi kelompok dan mampu menautkan konsep tim dan kelompok kearah penciptaan tim berkinerja tinggi ASSESMENT
|
PERTEMUAN 7 |
KOMPETENSI Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai kekuasaan dan politik. ATRIBT SOFT SKILL Kerjasama, Komunikasi, Kebersamaan, Toleransi dan kemampuan analisis, MATERI Pengertiaan kekuasaan, sumberkekuasaan, pengertian politik, taktik untuk menjalankan politik dalam organisasi, faktor-faktor yang mendorong terjadinya prilaku politik. AKTIVITAS Presentasi kelompok mahasiswa, diskusi kelas. OUTPUT Laporan hasil diskusi SUMBER BELAJAR
DAMPAK Mahasiswa kompeten menjelaskan dan menganalisis tentang kekuasaan dan politik ASSESMENT
|
PERTEMUAN 8 |
KOMPETENSI Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisis konflik dalam organisasi ATRIBUT SOFT SKILL Kerjasama, Komunikasi, Kebersamaan, Toleransi dan kemampuan analisis MATERI Hakikat politik, perubahan pandangan tentang konflik, konflik fungsional dan disfungsional, hubungan kerja dengan prestasi kerja AKTIVITAS Persentasi kelompok mahasiswa dan diskusi kelas OUTPUT Laporan hasil diskusi SUMBER BELAJAR
DAMPAK Mahasiswa kompeten menjelaskan dan menganalisisbserta mengelola konflik dalam organisasi ASSESMENT
|
PERTEMUAN 9 |
TES FORMATIF 2 |
PERTEMUAN 10 |
KOMPETENSI Mahasiswa mampu mengelola konflik dalam organisasi ATRIBUT SOFT SKILL Kerjasama, Komunikasi, Kebersamaan, Toleransi dan kemampuan analisis MATERI Jenis-jenis konflik dalam organisasi, sumber konflik, startegi mengelola konflik, negosisi / perundingan. AKTIVITAS Persentasi kelompok mahasiswa dan diskusi kelas OUTPUT Laporan hasil diskusi SUMBER BELAJAR
DAMPAK Mahasiswa kompeten menjelaskan dan mengelola konflik dala organisasi ASSESMENT 1. penilaian proses 2. penilaian aktivitas 3. penugasan analisa jurnal penelitian |
PERTEMUAN 11 |
KOMPETENSI Mahasiswa mampu menjelaskan tentang kepemimpinan ATRIBT SOFT SKILL Kerjasama, Komunikasi, Kebersamaan, Toleransi dan kemampuan analisis MATERI Defenisi dan proses kepemimpinan, teori-teori kepemimpinan, kepemimpinan model integratife, dimensi fungsional kepemimpinan AKTIVITAS Persentasi kelompok mahasiswa dan diskusi kelas OUTPUT Laporan hasil diskusi dan kesimpulan oleh dosen SUMBER BELAJAR
DAMPAK Mahasiswa kompeten menjelaskan an menganalisis mengenai kepemimpinan ASSESMENT
|
PERTEMUAN 12 |
KOMPETENSI Mahasiswa mampu menjelaskan tentang budaya organisasi ATRIBUT SOFT SKILL Kerjasama, Komunikasi, Kebersamaan, Toleransi dan kemampuan analisis MATERI Pengertian budaya organisasi, dimensi-dimensi budaya organisasi, peranan budaya organisasi, membangun dan membina budaya organisasi dan bagaimana cara mempelajari budaya organisasi AKTIVITAS Persentasi kelompok mahasiswa dan diskusi kelas OUTPUT Laporan hasil diskusi dan kesimpulan oleh dosen SUMBER BELAJAR
DAMPAK Mahasiswa kompeten menjelaskan tentangperanan budaya organisasi ASSESMENT
|
PERTEMUAN 13 |
KOMPETENSI Mahasiswa mampu menjelaskan tentang komunikasi dalam organisasi ATRIBT SOFT SKILL Kerjasama, Komunikasi, Kebersamaan, Toleransi dan kemampuan analisis MATERI Pengertian komunikasi, proses dan unsure-unsur komunikasi, komiunikasi antar pribadi dan kelompok, jaringan komunikasi, hambatan komunikasi dan mengatasi hambatan komunikasi AKTIVITAS Persentasi kelompok mahasiswa dan diskusi kelas OUTPUT Laporan hasil diskusi SUMBER BELAJAR
DAMPAK Mahasiswa kompeten menjelaskan mengenai komunikasi dalam organisasi ASSESMENT
|
PERTEMUAN 14 |
TES FORMATIF 3 |
PERTEMUAN 15 |
KOMPETENSI Mahasiswa mampu menjelaskan komitmen dan dampaknya terhadap organisasi ATRIBT SOFT SKILL Kerjasama, Komunikasi, Kebersamaan, Toleransi dan kemampuan analisis MATERI Pengertian komitmen organisasimal, bentuk komitmen organisasional, prossesterjadinya kometmen organisasional, dampak organisasional. AKTIVITAS Persentasi kelompok mahasiswa dan diskusi kelas OUTPUT Laporan hasil diskusi dan kesimpulan oleh dosen SUMBER BELAJAR
DAMPAK Mahasiswa kompeten untuk membangun komitmen dalam organisasi ASSESMENT
|
PERTEMUAN 16 |
KOMPETENSI Mahasiswa mampu menjelaskan struktur organisasi, desain organisasi dan desain penerapan ATRIBUT SOFT SKILL Kerjasama, Komunikasi, Kebersamaan, Toleransi dan kemampuan analisis MATERI Pengertian struktur dan desain organisasi, pembagian tugas, departementalisasi, rentang kendali, delegasi wewenang, teori desain organisasi AKTIVITAS Persentasi kelompok mahasiswa dan diskusi kelas OUTPUT Laporan hasil diskusi dan kesimpulan oleh dosen SUMBER BELAJAR
DAMPAK Mahasiswa kompeten untuk menyusun sebuah struktur organisasi yang dilengkapi dengan pembagian tugas dan wewenag ASSESMENT
|
PERTEMUAN 17 |
KOMPETENSI Mahasiswa mampu menghadapi perubahan dan pengembangan dari sebuah organisasi ATRIBUT SOFT SKILL Kerjasama, Komunikasi, Kebersamaan, Toleransi dan kemampuan analisis MATERI Pengertian pengembangna organisasi, pendekatan melakukan perubahan, desakan untuk melakukan perubahan, penolakan terhadapperubahan, mengatasi perubahan terhadap, perubahan dan proses pengembangan organisasi dan pengembangan organisasi AKTIVITAS Persentasi kelompok mahasiswa dan diskusi kelas OUTPUT Laporan hasil diskusi dan kesimpulan oleh dosen SUMBER BELAJAR
DAMPAK Mahasiswa kompeten untuk menghadapi perubahan serta mengetahui berbagai hambatan dalam perubahan ASSESMENT
|
5. Tugas-tugas Mahasiswa
a. Setiap bacaan perkuliahan harus sudah dibaca sebelum mengikuti perkuliahan
b. Nahasiswa akan dibagi dalam beberapa kelompok kemudian membuat tugas makalah dan dipresentassekan didepan kelas. Nilai tugas inni terbagi atas nilai makalah dan presentasi.
c. Soal-soal yang akan diberikan untuk ujian formatif berbentuk esai sesuai dengan materi perkuliahan yang diberikan.
Penilaian yang dilakukan pada mata kuliah ini mengacu pada system penilaian yang diatur dalam peraturan akademik Unimed
SA =
N
Dimana F1 adalah ujian formatif ke-i dan N adalah jumlah formatif dengan criteria :
Skor Nilai akhir
- 90 – 100 A
- 80 – 89 B
- 70 – 79 C
- 0 – 69 E
6. Jadwal Perkuliahan
Sesuai dengan jadwal waktu yang ditetapkan
7. Aturan atau disiplin Kuliah
- Mahasiswa harus hadir mengikuti kuliah minimal 75%
- Mahasiswa harus berpartisipasi aktif atas seluruh kegiatan yang dilakukan dan memenuhi tagihan-tagihan yang ditetapkan
- Mahasiswa hadir tepat waktu dalam perkuliahan
- Mahasiswa mengumpul seluruh tagihan yang diberikan
- DLL
Diketahui oleh Disetujui oleh Dosen Ybs
Ketua Jurusan Mahasiswa
_______________ _____________ APRINAWATI,SE.MM
KONTRAK KULIAH
Nama Mata Kuliah : ETIKA BISNIS
Kode Mata Kuliah :
Jurusan : Manajemen
Semester/T.A : Ganjil/2009/2010
Atribut Soft Skill :
Tempat Pertemuan : Ruang Kuliah FE UNIMED
Nama Dosen : Aprinawati,SE.MM
Telp/Hp : (061) 76488815 /081375399992
1. Tujuan/Manfaat Mata Kuliah
2. Deskripsi Perkuliahan
3. Kompetensi Dasar
4. Hubungan Fungsional Materi Kajian
PERTEMUAN 1 |
KOMPETENSI ATRIBT SOFT SKILL MATERI AKTIVITAS OUTPUT SUMBER BELAJAR DAMPAK ASSESMENT |
PERTEMUAN 2 |
KOMPETENSI ATRIBT SOFT SKILL MATERI AKTIVITAS OUTPUT SUMBER BELAJAR DAMPAK ASSESMENT |
PERTEMUAN 3 |
KOMPETENSI ATRIBT SOFT SKILL MATERI AKTIVITAS OUTPUT SUMBER BELAJAR DAMPAK ASSESMENT |
PERTEMUAN 4 |
TES FORMATIF 1 |
PERTEMUAN 5 |
KOMPETENSI ATRIBT SOFT SKILL MATERI AKTIVITAS OUTPUT SUMBER BELAJAR DAMPAK ASSESMENT |
PERTEMUAN 6 |
KOMPETENSI ATRIBT SOFT SKILL MATERI AKTIVITAS OUTPUT SUMBER BELAJAR DAMPAK ASSESMENT |
PERTEMUAN 7 |
KOMPETENSI ATRIBT SOFT SKILL MATERI AKTIVITAS OUTPUT SUMBER BELAJAR DAMPAK ASSESMENT |
PERTEMUAN 8 |
TES FORMATIF 2 |
PERTEMUAN 9 |
KOMPETENSI ATRIBT SOFT SKILL MATERI AKTIVITAS OUTPUT SUMBER BELAJAR DAMPAK ASSESMENT |
PERTEMUAN 10 |
KOMPETENSI ATRIBT SOFT SKILL MATERI AKTIVITAS OUTPUT SUMBER BELAJAR DAMPAK ASSESMENT |
PERTEMUAN 11 |
KOMPETENSI ATRIBT SOFT SKILL MATERI AKTIVITAS OUTPUT SUMBER BELAJAR DAMPAK ASSESMENT |
PERTEMUAN 12 |
TES FORMATIF 3 |
PERTEMUAN 13 |
KOMPETENSI ATRIBT SOFT SKILL MATERI AKTIVITAS OUTPUT SUMBER BELAJAR DAMPAK ASSESMENT |
PERTEMUAN 14 |
KOMPETENSI ATRIBT SOFT SKILL MATERI AKTIVITAS OUTPUT SUMBER BELAJAR DAMPAK ASSESMENT |
PERTEMUAN 15 |
KOMPETENSI ATRIBT SOFT SKILL MATERI AKTIVITAS OUTPUT SUMBER BELAJAR DAMPAK ASSESMENT |
PERTEMUAN 16 |
KOMPETENSI ATRIBT SOFT SKILL MATERI AKTIVITAS OUTPUT SUMBER BELAJAR DAMPAK ASSESMENT |
PERTEMUAN 17 |
TES FORMATIF IV |
5. Tugas-tugas Mahasiswa
6. Jadwal Perkuliahan
7. Aturan atau disiplin Kuliah
Diketahui oleh Disetujui oleh Dosen Ybs
Ketua Jurusan Mahasiswa
_______________ _____________ APRINAWATI,SE.MM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar