ORIENTASI BARU DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN
1. INTRA NEURAL SYSTEM
a. Input verbal – ouput verbal
Ø Guru menjelaskan tentang cara melakukan passing bola voli dan siswa menjelaskan cara melakukan passing bola voli sesuai penjelasan guru.
Ø Guru menjelaskan tentang cara melakukan shooting sepak bola dan siswa menjelaskan cara melakukan shooting sepak bola sesuai penjelasan guru.
b. Input non-verbal – output non-verbal
Ø Guru mempratekkan gerakan forehand drive permainan tenis meja, dan siswa mempratekkan gerakan forehand drive permainan tenis meja sesuai dengan yang diperagakan guru.
Ø Guru memperagakan gerakan smash permainan bulutangkis, dan siswa memperagakan gerakan smash permainan bulutangkis sesuai dengan yang diperagakan guru.
2. INTER NEURAL SYSTEM
a. Input verbal – ouput non-verbal
Ø Guru menjelaskan tentang cara melakukan passing bola voli dan siswa memperagakan gerakan passing bola voli sesuai dengan penjelasan guru.
Ø Guru menjelaskan tentang cara melakukan shooting sepak bola dan siswa mempratekkan gerakan shooting sepak bola sesuai penjelasan guru.
b. Input non-verbal – output verbal
Ø Guru mempratekkan gerakan forehand drive permainan tenis meja, dan siswa menjelaskan tentang gerakan forehand drive permainan tenis meja dengan kata-kata sesuai dengan yang diperagakan guru.
Ø Guru memperagakan gerakan smash permainan bulutangkis, dan siswa menjelaskan tentang gerakan smash permainan bulutangkis dengan kata-kata sesuai dengan yang diperagakan guru.
3. INTEGRATED NEURAL SYSTEM
a. Input verbal – output integrated (verbal & non-verbal)
Ø Guru menjelaskan tentang cara melakukan passing bola basket dan siswa menjelaskan serta memperagakan gerakan passing bola basket sesuai dengan penjelasan guru.
Ø Guru menjelaskan tentang cara melakukan dribble bola basket dan siswa menjelaskan serta mempratekkan gerakan dribble bola basket sesuai dengan penjelasan guru.
b. Input non-verbal – ouput integrated (verbal & non-verbal)
Ø Guru mempratekkan gerakan service bola voli, dan siswa menjelaskan serta mempratekkan gerakan service bola voli sesuai dengan yang diperagakan guru.
Ø Guru memperagakan gerakan lay up bola basket, dan siswa menjelaskan serta memperagakan gerakan lay up bola basket sesuai dengan yang diperagakan guru.
4. INTRA NEURAL SENSORY SYSTEM
a. Input audio – output audio
Ø Guru menjelaskan tentang cara melalukan smash bola voli dan siswa menjelaskan cara melakukan smash bola voli sesuai dengan penjelasan guru.
Ø Guru menjelaskan tentang cara melakukan passing sepak bola dan siswa menjelaskan cara melakukan passiang sepak bola sesuai penjelasan guru.
b. Input visual – output visual
Ø Guru menggambarkan tentang cara melakukan heading sepak bola dan siswa menggambarkan cara melalukan heading sepak bola sesuai dengan gambar yang diberikan guru.
Ø Guru menggambarkan tentang cara melakukan drive permainan tenis lapangan dan siswa menggambarkan cara melalukan drive permainan tenis lapangan sesuai dengan gambar yang diberikan guru.
c. Input kinestetik – output kinestetik
Ø Guru mempratekkan gerakan backhand drive permainan tenis meja, dan siswa mempratekkan gerakan backhand drive permainan tenis meja sesuai dengan yang diperagakan guru.
Ø Guru memperagakan gerakan start jongkok, dan siswa memperagakan gerakan start jongkok sesuai dengan yang diperagakan guru.
5. INTER NEURAL SENSORY SYSTEM
a. Input audio – output visual
Ø Guru menjelaskan tentang cara melakukan teknik lompat jauh dan siswa menggambarkan cara melakukan teknik lompat jauh sesuai dengan penjelasan guru.
Ø Guru menjelaskan tentang cara melakukan teknik tolak peluru dan siswa menggambarkan cara melakukan teknik tolak peluru sesuai dengan penjelasan guru.
b. Input audio – output kinestetik
Ø Guru menjelaskan tentang cara melakukan renang gaya dada dan siswa mempratekkan gerakan renang gaya dada sesuai penjelasan guru.
Ø Guru menjelaskan tentang cara melakukan service tenis meja dan siswa memperagakan gerakan service tenis meja sesuai penjelasan guru.
c. Input visual – output audio
Ø Guru menggambarkan tentang teknik lompat jangkit dan siswa menjelaskan dengan kata-kata teknik lompat jangkit sesuai dengan yang digambarkan guru.
Ø Guru menggambarkan tentang teknik bantingan dalam judo dan siswa menjelaskan dengan kata-kata teknik bantingan dalam judo sesuai dengan yang digambarkan guru.
d. Input visual – output kinestetik
Ø Guru menggambarkan tentang cara melakukan heading sepak bola dan siswa mempratekkan gerakan heading sepak bola sesuai dengan gambar yang diberikan guru.
Ø Guru menggambarkan tentang cara melakukan drive tenis lapangan dan siswa mempratekkan gerakan drive tenis lapangan sesuai dengan gambar yang diperlihatkan guru.
e. Input kinestetik – output audio
Ø Guru mempratekkan gerakan service bola voli, dan siswa menjelaskan dengan kata-kata tentang gerakan service bola voli sesuai dengan yang diperagakan guru.
Ø Guru memperagakan gerakan lay up bola basket, dan siswa menjelaskan dengan kata-kata tentang gerakan lay up bola basket sesuai dengan yang diperagakan guru.
f. Input kinestetik – output visual
Ø Guru mempratekkan gerakan backhand drive permainan tenis meja, dan menggambarkan gerakan backhand drive permainan tenis meja sesuai dengan yang diperagakan guru.
Ø Guru memperagakan gerakan start jongkok, dan siswa menggambarkan gerakan start jongkok sesuai dengan yang diperagakan guru.
6. INTEGRATED NEURAL SENSORY SYSTEM
a. Input audio – output integrated (audio, visual, kinestetik)
Ø Guru menjelaskan tentang cara melakukan teknik lompat jauh dan siswa menjelaskan, menggambarkan serta mempratekkan gerakan lompat jauh sesuai dengan penjelasan guru.
Ø Guru menjelaskan tentang cara melakukan teknik tolak peluru dan siswa menjelaskan, menggambarkan serta memperagakan gerakan tolak peluru sesuai dengan penjelasan guru.
b. Input visual – output integrated (audio, visual, kinestetik)
Ø Guru menggambarkan tentang passing bola voli dan siswa menjelaskan, menggambarkan serta mempratekkan gerakan passing bola voli sesuai dengan yang digambarkan guru.
Ø Guru menggambarkan tentang teknik bantingan dalam judo dan siswa menjelaskan, menggambarkan serta mempratekkan teknik bantingan dalam judo sesuai dengan yang digambarkan guru.
c. Input kinestetik – output integrated (audio, visual, kinestetik)
Ø Guru mempratekkan gerakan service bola voli, dan siswa menjelaskan, menggambarkan serta mempratekkan gerakan service bola voli sesuai dengan yang diperagakan guru.
Ø Guru memperagakan gerakan lay up bola basket, dan siswa menjelaskan, menggambarkan serta memperagakan gerakan lay up bola basket sesuai dengan yang diperagakan guru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar